Rabu, 28 Desember 2011

Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem menurut beberapa para ahli :
L. James Havery
Sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
John Mc. Manama
Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
J.C. Hinggins
Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.

Pengertian Informasi menurut para Ahli :
Menurut Barry E. Cushing :
Informasi menunjukkan hasil dari pengolahan data yang diorganisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
Menurut Gordon B. Davis :
Informasi adalah data yang telah diolah kedalam suatu bentuk yang berguna bagi penerimanya.
Menurut Jerry FitzGerald, Ardra F. FitzGerald dan Warren D. :
Inforasi adalah data yang telah diubah kedalam bentuk yang berguna, mencerminkan sesuatu tentang hubungan dari data tersebut.
Menurut stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin :
Informasi adalah kenyataan-kenyataan atau bentuk-bentuk berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Penegrtian Sistem Informasi :
Menurut John F.Nash dan Martin B.Robert (1988:35) yang diterjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakan bahwa :
      “Sistem Informasi adalah kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur  dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi pentingm, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar untuk pengamblan keputusan yang cerdik.”
 
      Pengertian Sistem Informasi akuntansi :
Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. Untuk dapat menghasilkan informasi yang diperlukan oleh para pembuat keputusan, sistem informasi akuntansi harus melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut : (Krismiaji).

0 komentar:

Posting Komentar